Home » » DEFINISI RAM M. Hafidzul Ahkam XI IPS 1

DEFINISI RAM M. Hafidzul Ahkam XI IPS 1

Posted by SMAN BESUK on Saturday 23 January 2016

Pengertian RAM
Pada era 90-an, penggunaan RAM hanya terbatas pada penggunaan PC atau personal computer saja, dan juga pada laptop. Namun demikian, sekarang hampir semua perangkat teknologi terkini menggunakan RAM sebagai salah satu media penyimpanan memory sementara, yang membantu mempermudah dan juga memeprcepat pemrosesan informasi pada sistem komputer. Bahkan saat ini, penggunaan kapasitas RAM terbesar saat ini sudah menjadi tren tersendiri di kalangan pengguna komputer.
RAM merupakan sebuah singkatan dari random access memory merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan sementara pada komputer yang dipakai hanya pada saat komputer sedang ON atau menyala, secara mudah ram dapat diartikan sebuah memori dengan akses yang acak. RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer.
RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer. Pengertian RAM sendiri yaitu suatu perangkat keras dalam komputer yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data serta instruksi program, dan isi dari ram ini bisa diakses secara acak atau random serta tak mengacu terhadap pengaturan letak dari data.
Fungsi RAM
Fungsi inti dari RAM adalah menyimpan data sementara secara random dari setiap aplikasi yang di gunakan oleh user, Semakin banyak aplikasi/program yang di jalankan oleh pengguna komputer tentu saja akan semakin besar pula lalu lintas yang terjadi pada RAM tersebut. Jika kapasitas RAM tidak sebanding dengan banyaknya program yang di jalankan maka komputer akan mengalami lag atau lemot. Fungsi dari RAM itu sendiri untuk mempercepat pemrosesan data di dalam komputer. Maka jika semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah kinerja pada komputer.
Selain itu, fungsi RAM yang lain adalah mempercepat akses data komputer. Akses data yang dimaksud adalah akses data yang dibutuhkan processor sebagai penggerak utama dari komputer anda. RAM memiliki ruang penyimpanan sementara bagi data-data yang sedang dan akan diakses. RAM biasa menyimpan berbagai data yang sering diakses guna mempercepat kinerja komputer saat loading. Kebutuhan komputer akan kapasitas penyimpanan RAM membuat para perakit komputer rela mengeluarkan biaya yang besar. Hal tersebut mengingat tingginya RAM yang memiliki kualitas baik seperti RAM jenis RDRAM (Rambus Dynamic RAM). Dengan kapasitas mencapai 4 GB, RAM jenis ini tentu sangat cocok bagi para pengguna komputer terutama bagi para gamer.
Fungsi RAM lainnya adalah untuk menjaga dan melindungi komponen lain dari kerusakan. RAM sendiri sangat dibutuhkan oleh HDD ( Hardisk ). Hal tersebut mengingat RAM dapat meringankan kinerja hardisk ketika mengirim berbagi data yang dibutuhkan oleh processor. Processor membutuhkan data yang terdapat dalam hardisk. Dalam proses pengiriman data, processor akan bekerja terlalu berat jika mengambilnya langsung dari hardisk. Maka dari itu, data yang diambil akan disimpan pada RAM guna meringankan kinerja processor. Processor tidak pernah berhenti beraktifitas, meskipun tidak ada program yang berjalan. Windows pada komputer tetap berjalan dan membutuhkan penyimpanan memori. Bahkan pada sebagian RAM terdapat heat sink yang berfungsi untuk menghilangkan panas dan mencegah terjadinya over heat.
Perkembangan RAM
Pada saat ini RAM memiliki perkembangan yang sangat pesat seiring dengan perkembangan komputer, mulai dari bentuk, model dan kapasitas dari RAM itu sendiri. Berikut adalah perkembangan RAM sampai saat ini:
1.    SDRAM (mempunyai jumlah pin 168 dan terdapat 2 celah dibagian kakinya yang digunakan untuk komputer Pentium I sampai Pentium 4 model lama. RAM jenis ini sudah sangat ditemui lagi karena sudah diganti dengan model RAM yang baru)
2.    Ranbus RAM (RAM yang digunakan untuk komputer pentium IVyang sudah memiliki fasilitas 2 chanel)
3.    Sybclink DRAM ( RAM yang mempunyai bandwidth maximum 1600 MB/sec dan mempunyai kecepatan 200 MHz.)
4.    DDR dan DDR 2 RAM ( RAM yang mempunyai jumlah pin 183 dan hanya terdapat satu celah pada bagian kakinya dan mempunyai kecepatan transfer 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan SDRAM.)
5.     DDR 3 RAM (RAM generasi terbaru setelah DDR 2 yang memiliki kecepatan lebih dibandingkan dengan jenis DDR sebelumnya.)
Jenis-jenis RAM
Adapun jenis-jenis dari RAM yang ada. Berikut ini beberapa jenis-jenisnya dari RAM:
1.    DRAM (Dynamic Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang menyimpan setiap bit data terpisah pada kapasitor di dalam satu sirkuit terpadu.
2.    SRAM (Static Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang tidak menggunakan kapasitor, yang menyebabkan SRAM tidak perlu lagi untuk disegarkan secara berkala seperti halnya DRAM.
3.    EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang  mampu menyimpan dan mengambil isi dari memori secara bersama, sehingga kecepatan baca dan tulis akan menjadi lebih cepat.
4.    SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) merupakan jenis RAM dinamis yang kecepatannya lebih cepat dibandingkan EDORAM.
Struktur RAM
RAM komputer sendiri, saat ini sudah berada pada generasi DDR 3 untuk penggunaan pada PC ataupun laptop, dengan kapasitas yang bervariasi, mulai dari 1 GB hingga lebih dari 128 GB. Meskipun sama-sama memiliki label Memory, namun demikian jangan bandingkan RAM dengan memory eksternal ataupun memory internal dari suatu sistem komputer. RAM memiliki kecepatan membaca yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan memory internal atau eksternal biasa. Kira-kira kecepatan membaca dari RAM bisa 10 kali lipatnya dari memory biasa. Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1.    Program Storage, bagian dari RAM yang berfungsi sebagai penyimpan intruksi program yang akan diakses. Input storage,berfungsi untuk menampung input atau masukan yang dimasukkan dari alat input.
2.    Working Storage, merupakan bagian dari memori yang bertugas menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
3.    Output Storage, berfungsi untuk menampung hasil akhir dari data yang akan di tapilkan ke perangkat output.
Hal-hal yang harus diperhatikan pada saat memasang RAM:
1.    Pastikan antara RAM dengan slot yang ada pada motherboard sesuai.
2.    Hati-hati saat memasang RAM pada slot RAM, apalagi jenis SDRAM karena jika terjadi kesalahan atau terbalik pada saat pemasangan, RAM bisa patah.
3.    Jangan lupa buka pengunci RAM sebelum memasang RAM pada slot RAM
4.    Setelah RAM terpasang jangan lupa kunci RAM dengan pengunci RAM.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

twiter

.comment-content a {display: none;}